Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:59 WIB
Detail
BukuPenerapan Penilaian Portofolio untuk Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Tanda Baca dan Huruf Besar pada Siswa Kelas IV A SD SN Pancoran 01 Pagi
Bibliografi
Author: VIOLITA, VALENCIA ANDINA ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Penilaian Portofolio; Tanda Baca dan Huruf Besar dan Kemampuan Menulis
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2011035028-Valencia A.pdf (2.57MB; 5 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-295
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penilaian portofolio merupakan penilaian yang berkelanjutan dari pertemuan pertama hingga pertemuan selanjutnya. Penilaian porotofolio menilai pada penilaian siswa saat menilai diri sendiri, teman, dan peneliti. Penilaian portofolio merupakan proses penilaian yang berlangsung dua arah antara guru dan peserta didik maupun antara peserta didik yang satu dengan peserta didik lainnya yang harus dibina secara sinergis serta dapat memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan siswa. Menulis merupakan kegiatan menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik sehingga orang lain dapat membaca dan memahami lambang-lambang grafik tersebut. Saat menulis penggunaan tanda baca dan huruf besar yang baik dan benar sangat dibutuhkan dalam tulisan, sehingga pesan yang ingin disampaikan penulis melalui tulisannya dapat tersampaikan dengan baik terhadap pembaca. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menggunakan tanda baca dan huruf besar serta mendeskripsikan penerapan penilaian portofolio dalam meningkatkan kemampuan menggunakan tanda baca dan huruf besar pada siswa kelas IV A SD SN Pancoran 01 Pagi yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, dengan melaksanakan siklus sebanyak dua kali. Siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis menggunakan tanda baca dan huruf besar dengan penerapan penilaian protofolio. Siklus kedua terdiri dari dua pertemuan dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan serta membandingkan apakah terjadi peningkatan untuk hasil menulis menggunakan tanda baca dan huruf besar dengan penerapan penilaian portofolio. Hasil peneliti menujukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari 7,50 meningkat menjadi 8,52 pada siklus kedua, lalu jumlah siswa yang tuntas KKM pada siklus pertama 19 siswa menjadi 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan penilaian portofolio dapat meningkatkan kemampuan menulis menggunakan tanda baca dan huruf besar pada siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perolehan nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa. Selain itu, hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai KKM (Ketuntasan Kriteria Minimal) yang telah ditetapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terjadi peningkatan dari 7,50 menjadi 8,52. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat menerapkan penilaian portofolio ini pada saat proses belajar mengajar dan mahasiswa PGSD Universitas Katolik Atmajaya mendapat pemahaman tentang penilaian porotofolio, mengingat penerapan penilaian portofolio ini sangat jarang dilakukan di sekolah. Selain itu, penerapan penilaian ini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan tanda baca dan huruf besar, memberikan proses penilaian yang baru kepada siswa sehingga hasil yang didapat menjadi lebih baik lagi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.328125 second(s)