Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:31 WIB
Detail
BukuPenerapan Model Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Kelas III SD Strada Kampung Sawah Bekasi
Bibliografi
Author: ANGGRIANA, BONY FASIA MERY ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Model Kooperatif Jigsaw; Hasil Belajar; Pembelajaran Tematik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2011035026-Boni F.pdf (1.14MB; 42 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-294
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Model kooperatif jigsaw adalah model pembelajaran dimana siswa melakukan kegiatan dalam proses pembelajaran dengan cara bekerja sama dengan siswa lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran serta mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang meningkat. Penerapan model kooperatif jigsaw baik untuk diterapkan di dalam kelas karena untuk mengoptimalkan manfaat belajar di kelas dan anggota kelompoknya memiliki kemampuan yang bervariasi sehingga lebih memudahkan siswa berkomunikasi. Penerapan model kooperatif jigsaw akan meningkatkan hasil belajar siswa baik individu maupun kelompok. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Dikatakan siswa berhasil dalam belajar jika hasil belajar siswa meningkat. Penerapan model kooperatif jigsaw tidak hanya dapat digunakan di mata pelajaran tetapi juga dapat digunakan dalam pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang melibatkan beberapa mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas III di SD Strada Kampung Sawah Bekasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas III sebanyak 45 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK dengan langkah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua kali siklus. Siklus I membahas tentang tema 9 : kerajinan tangan dengan subtema 3 : membuat simbol lalu lintas dengan membentuk kelompok. Siklus II membahas tentang tema 8 : keperluan sehari-hari dengan subtema 2 : bahan bakar dengan membentuk kelompok. Hasil penelitian siklus I memiliki rata-rata hasil belajar pre tes 57 dan hasil belajar post tes 75. Pada siklus II memiliki rata-rata hasil belajar pre tes 58 dan hasil belajar post tes 79. Dapat dikatakan bahwa penerapan model kooperatif jigsaw mampu untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tematik. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dapat menerapkan model kooperatif jigsaw sehingga siswa dapat melakukan kerja sama dengan teman sejawat dan dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.3125 second(s)