JKT48 adalah sebuah fenomena menarik di industri musik Indonesia. Meski berbasis di Jakarta, JKT48 dibentuk di Jepang pada Setember 2011. JKT48 merupakan sister group, atau grup musik yang menduplikasi konsep grup music sejenis dari Jepang, yaitu AKB48. Karena merupakan sister-group, tak pelak ciri khas a la Jepang begitu tampak dalam lagu dan penampilan JKT48. Padahal di pasar musik Indonesia sedang booming musik K-POP dari Korea. Namun JKT48 mampu bertahan bahkan semakin gemilang dengan nuansa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Country of Origin dan Brand Equity dari JKT48 terhadap Customer Loyalty. Memilih Country of Origin sebagai sebuah variabel didasarkan karena dalam setiap penampilan dan lagu-lagunya, JKT48 kerap menampilkan nuansa Jepang yang merupakan asal negara tempat mereka secara resmi dibentuk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner yang disusun oleh penulis. Penyebaran kuesioner dilakukan melalui forum-forum penggemar JKT48 di internet dengan menggunakan kuesioner online berbasis IP based. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan populasi terjangkau, kemudian dilakukan metode purposive sampling, setelah itu dilakukan sampling frame agar sampel yang terpilih random. Teknik penentuan sampel yang didasarkan pada tujuan bahwa responden yang mengisi kuesioner yang mempunyai kriterian tertentu, yaitu yang pernah membeli produk JKT48. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 sampel. Untuk menjawab tujuan penelitian dilakukan beberapa analisis yaitu uji validitas dan reliabilitas, analisis nilai rata-rata, analisis regresi parsial, dan analisis regresi berganda. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif secara parsial antara Country of Origin dengan Customer Loyalty, dan Brand Equity dengan Customer Loyalty. Serta terdapat pengaruh positif secara simultan antara Country of Origin dan Brand Equity terhadap Customer Loyalty. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pengaruh Country of Origin dan Brand Equity positif terhadap Customer Loyalty baik parsial maupun simultan. Dan juga disimpulkan bahwa Country of Origin berpengaruh positif terhadap Brand Equity. |