Anda belum login :: 24 Nov 2024 09:51 WIB
Detail
BukuPengaruh On-Line Wom Terhadap Brand Awareness, Brand Image, dan Purchase Intention (Studi Kasus Konsumen Notebook Acer di Jakarta)
Bibliografi
Author: WIRAWAN, NINO ; Nugroho, A.Y. Agung (Advisor)
Topik: E-WOM; Brand Awareness; Brand Image; Brand Awareness; Purchase Intention
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: 2010002075-Nino W.pdf (4.76MB; 49 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-788
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
On-line WOM (e-WOM) mengambil peranan yang sangat penting, yaitu tempat bermuaranya pendapat konsumen terkait dengan produk atau jasa. On-line WOM adalah suatu bentuk komunikasi yang didefinisikan sebagai pernyataan yang dibuat oleh konsumen potensial, konsumen aktual, ataupun mantan pelanggan tentang produk atau perusahaan, yang dibuat tersedia untuk banyak orang maupun lembaga melalui media internet. Beberapa riset bahkan menunjukkan bahwa on-line WOM dianggap lebih efektif karena memiliki akses yang lebih besar dibandingkan dengan off-line WOM. Ulasan mengenai produk yang ditulis oleh konsumen melalui internet dianggap sebagai bentuk komunikasi yang paling penting dalam on-line WOM. Melalui internet khususnya sosial media, konsumen bisa mengungkapkan perasaannya tentang merek secara langsung. Selain itu, sosial media, menyediakan platform bagi konsumen untuk terhubung secara langsung dan real time yang kemudian dapat membangun dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan. on-line WOM merupakan salah satu faktor yang efektif dalam mempengaruhi brand awareness, brand image hingga berujung pada peningkatan minat pembelian konsumen. Peran on-line WOM menjadi sangat penting khususnya di negara berkembang seperti Indonesia, dimana sebagian besar pengguna notebook, tablet, telepon pintar (smartphone) memiliki akun social media. Penelitian ini menggunakan model minat beli yang dipengaruhi oleh eWOM dengan brand awareness dan brand image sebagai mediator. Subyek penelitian adalah konsumen produk notebook ACER di area pemasaran wilayah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh eWOM terhadap minat beli. Besaran pengaruh dianalisa dengan menggunakan pendekatan analisis struktural (SEM) dengan Lisrel. Teknik analisa dilakukan dengan two method approach. Model pengukuran kemudian dilakukan uji GOF, uji validitas, dan uji reliabilitas, sedangkan model struktural di uji-t. Hasil yang diperoleh menunjukkan model pengukuran dan model struktural sudah fit, konstruk valid dan reliabilitas baik. Dari 6 (enam) hipotesis yang diajukan, 4(empat) hipotesis diterima dan 2 (dua) hipotesis yang ditolak. Hasilnya, on-line WOM berpengaruh signifikan terhadap brand image, on-line WOM berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap brand image.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)