Makanan dan minuman adalah hal yang penting untuk diperhatikan dalam kegiatan operasional hotel selain segi pelayanan. Untuk itu, diperlukan kegiatan kontrol yang baik untuk mencapai keuntungan yang maksimal. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kondisi popularitas dan marjin kontribusi dari penjualan minuman beralkohol pada Hotel X dan strategi apa yang dapat digunakan untuk memaksimalkan penjualan minuman beralkohol pada hotel tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, dimana data primer atas penjualan minuman beralkohol berupa kegiatan observasi dan wawancara. Kemudian keseluruhan hasil observasi, olahan data, dan wawancara dipelajari secara mendalam menggunakan pendekatan menu engineering, yaitu salah satu metode yang digunakan untuk kegiatan cost controlling hotel dan restoran. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa produk jenis bir, wine dan cocktails lebih populer dibandingkan jenis minuman beralkohol lainnya. Masing-masing produk minuman beralkohol juga memberikan marjin kontribusi yang berbeda-beda, tergantung pada harga pokok minuman, harga jual dan juga potongan (diskon) atas penjualan produk tersebut. Karena itu, untuk memaksimalkan pendapatan dari penjualan minuman beralkohol, menu yang sudah diklasifikasikan ke dalam kategori stars, plowhorses, puzzles dan dogs harus diperhatikan secara berbeda dalam pengembangannya. |