Dalam kehidupan, manusia tidak lepas dari kegiatan makan dan minum. Kegiatan tersebut dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan pihak lain seperti jasa restoran. Oleh karena itu setiap restoran harus dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan agar para pelanggan restoran puas serta loyal terhadap jasa restoran tersebut. Lingkungan fisik restoran juga harus diperhatikan, karena hal tersebut berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan lingkungan fisik serta kepuasan dan loyalitas pelanggan Holycow Steak. Data yang digunakan adalah data primer, menggunakan kuisioner dengan skala Likert (Likert Scale). Kuisioner disebarkan kepada 270 responden pelanggan Holycow Steak Bintaro, Radio Dalam & Alam Sutera. Penyebaran kuisioner dilakukan dengan metode Convenience Sampling. Data diolah dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan LISREL 8.8. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari kualitas layanan dan lingkungan fisik terhadap kepuasan serta loyalitas pelanggan. |