Anda belum login :: 23 Nov 2024 22:27 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Portfolio Assessment as Summative Assessment for End Year Medical Students: Case Report and Student's Perspective
Oleh:
Findyartini, Ardi
;
Hamdani, Ismi Adhanisa
;
Soewondo, Pradana
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia vol. 02 no. 01 (Mar. 2007)
,
page 15-22.
Topik:
evaluasi
;
portfolio
;
kinerja maha-siswa
Ketersediaan
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
J38.K.01
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Portfolio merupakan metode penelitian sikap dan profesionalisme yang sulit untuk dinilai jika menggunakan instrumen tradisional. Program Kelas Intemasional Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia melaksanakan Pre Internship Module bagi mahasiswa semester akhir. Mahasiswa diharapkan untuk mengintegrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan, keahlian dan sikap kedalam seting kehidupan nyata di rumah sakit dan masyarakat. Evaluasi portfolio dipilih untuk menilai kinerja mahasiswa bersama dengan evaluasi home unit supervisor. Evaluasi portfolio dilakukan di akhir semester 12, melibatkan banyak penilai yang membaca dan kemudian mengkaji portfolio mahasiswa dalam format oral Mahasiswa dinilai berdasarkan 2 laporan kasus dan logbook di 6 bagian. Evaluasi portfolio dilakukan terhadap 32 mahasiswa. Masalah yang muncul khususnya dalam proses pengumpulan bukti, total waktu yang dibutuhkan, masalah logistik yang berkaitan dengan distribusi kumpulan bukti serta jumlah dan ketersediaan waktu penilai. Lebih dari separuh mahasiswa (72%) setuju bahwa portfolio adalah metode evaluasi yang baik untuk mahasiswa semester akhir. Meskipun mereka menilai evaluasi dalam bentuk ini sulit (68%), kebanyakan dari mereka (84.38%) lulus. Mereka menyatakan evaluasi portfolio memudahkan mereka untuk mendefinisikan apa yang sudah mereka pelajari (68%), membuat mereka mampu mengidentifikasi hal-hal yang masih harus mereka pelajari (84%), dan membuat mereka sadar bagaimana untuk dapat mencapainya secara lebih baik (88%). Dengan mengesampingkan faktor laborious administration, evaluasi portfolio memberdayakan kinerja mahasiswa dalam level "does". Lebih dari separuh mahasiswa sepakat akan hal ini. Dalam implementasinya, sangatlah penting untuk menyediakan pelatihan yang memadai bagi para penilai dan briefing bagi mahasiswa. Tantangan untuk implementasi yang lebih lanjut adalah mengembangkan evaluasi portfolio yang lebih aplikatif dan feasibel tanpa mengorbankan validitas dan reliabilitasnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)