Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:12 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
A Model for Teaching Professionalism in the Undergraduate Medical Education
Oleh:
Sukardi, Elias
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia vol. 01 no. 03 (Sep. 2006)
,
page 57-60.
Topik:
profesionalisme - metode pembelajaran - kurikulum
Ketersediaan
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
J38.K.01
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Pada dekade terakhir ini muncul peningkatan ketertarikan pada profesionalisme medis dan metode pengajarannya. Kebiasaan ini memerlukan perubahan yang bermakna dari pola praktek medis saat ini dan peningkatan pengaruh dari pelayanan kesehatan yang berdasarkan pembayaran untuk pelayanan dan perusahaan obat. Walaupun banyak fakultas kedokteran sekarang menggunakan pendekatan dan strategi yang berbeda dan strategi untuk menghadapi permasalahan penting ini, terdapat sebuah konsensus umum bahwa profesionalisme medis harus menjadi bagian sentral dan kritis dari pendidikan medis tingkat sarjana. Sebuah model untuk mengajarkan profesionalisme pada tingkat sarjana disebut sebagai berikut, bermula dengan sebuah usaha untuk mendefinisi dan mengelaborasi arti profesionalisme medis sebagai sebuah pintu keluar umum untuk kompetensi dengan memecahkannya kedalam komponen-komponen utamanya. Memanfaatkan pendekatan dan praktek pengajaran baru, terdapat sebuah modul empat lingkaran digunakan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi hasil inti pembelajaran, dilanjutkan dengan deskripsi singkat mengenai metode-metode pembelajaran yang sesuai dan prinsip-prinsip umum dari penilaian kompetensi mahasiswa dalam lingkup afektif. Sebuah kurikulum berbasis kompetensi dikatakan bagus dalam aspek profesionalisme medis seharusnya secara ideal bercermin pada jangkauan keseluruhan dari pengalaman belajar mengenai arti menjadi seorang dokter yang secara profesional kompeten. Sebetulnya tidak terlalu sulit untuk memanfaatkan motivasi tinggi dan kesiapan mahasiswa untuk melakukan praktek medis sesuai dengan standar-standar profesionalisme yang dapat diterima dan dijustifikasi. Tujuan umum dalam mengajarkan profesionalisme adalah bahwa mahasiswa harus (I) mengetahui apa yang benar dan apa yang salah, (2) mengetahui alasannya, dan (3) memiliki ide apa yang seharusnya dilakukan mengenai hal-hal yang sudah diketahui. Jika, sebagai tambahan, mahasiswa akhirnya bersikap dengan tindakan profesionalisme yang benar, para guru akan memperoleh reward yang sangat besar.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)