Internet merupakan hal yang sudah tidak lagi dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak dapat dipungkiri jika internet memang memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mulai dari hanya sekedar mencari hiburan sampai mencari penghasilan dapat dilakukan dengan bantuan internet. Platform yang sering digunakan untuk berbisnis online ini ialah Instagram. Salah satu metode promosi yang dimanfaatkan melalui Instagram dan beberapa media sosial lainnya ialah metode electronic word of mouth. Menurut studi yang telah dilakukan penulis sebelumnya, dapat diketahui jika ada beberapa variabel didalam electronic word of mouth yang dapat mendorong minat beli suatu produk. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian tentang pengaruh electronic word of mouth di media sosial Instagram terhadap minat beli Puyo Desserts. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden pemilik akun Instagram yang pernah mengetahui atau menerima informasi megenai Puyo Desserts melalui Instagram dari awal Mei 2015 sampai akhir Juni 2015 dengan metode non probability sampling. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat diketahui jika electronic word of mouth mempengaruhi minat beli Puyo Desserts. Bila dilihat secara individual, maka variabel yang berpengaruh terhadap minat beli Puyo Desserts ialah variabel platform assistance, venting negative feelings, concern for other consumers, extraversion, social benefits, dan economic Incentives. Dari kelima variabel yang berpengaruh terhadap minat beli Puyo Desserts, diketahui jika variabel venting negative feelings memiliki pengaruh yang paling besar terhadap minat beli Puyo Desserts. |