Fotografi merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Studio-51 merupakan satu-satunya komunitas yang bergerak di bidang fotografi di dalam lingkungan Atma Jaya. Untuk menjaga citra komunitas tersebut Studio-51 melakukan berbagai macam kegiatan atau event setiap tahunnya.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja strategi komunikasi eksternal yang sudah diimplementasikan oleh Studio-51, dan apakah upaya strategi komunikasi tersebut sudah efektif dalam menciptakan citra yang positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang dibantu dengan teori-teori, seperti Strategi Komunikasi, Komunitas, Computer-Mediated Communication, dan Citra Studio-51 mempunyai strategi komunikasi ekternal yang dilakukan, adalah menggunakan jejaring media sosial, dibantu dengan media bellow the line, dan komunikasi tatap muka langsung. Dari ketiga strategi komunikasi ekternal tersebur penulis dapat menunjukan bahwa strategi komunikasi tersebut dapat diakatakan cukup berhasil pada narasumber Mahasiswa, dimana mereka banyak mendapat informasi dari media bellow the line, media sosial dan komunikasi langsung dengan para anggota Studio-51, namun kurang berhasil dalam penyebaran informasi kepada Dosen dan Karyawan, karena Studio-51 fokus untuk menarik perhatian mahasiswa, citra Studio-51 menurut publik secara mayoritas dapat dikatakan positif secara keseluruhan. Walaupun strategi komunikasi yang diimplementasikan oleh Studio-51 dapat dikatakan cukup efektif, tetapi masih terdapat kekurangan dalam hal penyebarannya terutama untuk Dosen dan Karyawan.Penyebaran informasi secara langsung dapat memberikan dampak yang lebih besar, dengan melakukan peningkatan pada bidang tersebut maka diharapkan dapat memberikan citra yang lebih positif untuk Studio-51. |