Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara pengungkapan Corporate Social Responsibility, etika bisnis, dan tingkat kualitas laba, yang berpengaruh pada nilai perusahaan. Pengujian dilakukan dengan tiga model penelitian. Model penelitian pertama menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Business Ethics. Model penelitian kedua meneliti pengaruh Corporate Social Responsibility dan Business Ethics terhadap Earnings Quality. Model penelitian ketiga meneliti pengaruh Corporate Social Responsibility, Business Ethics, dan Earnings Quality terhadap nilai perusahaan. Pada penelitian ini, pengungkapan CSR diukur berdasarkan indikator Global Reporting Initiative (GRI), etika bisnis berdasarkan Ethical Commitment Index (ECI), kualitas laba dengan Earnings Response Coefficient (ERC), dan nilai perusahaan dihitung menggunakan TobinsQ. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2013 dan dipilih dengan metode purposive sampling. Model pertama memiliki sebanyak 287 data sampel, model kedua sebanyak 257 data sampel, dan model ketiga sebanyak 208 data sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh positif signifikan terhadap etika bisnis. Kemudian, penelitian selanjutnya menunjukkan pengungkapan CSR dan etika bisnis berpengaruh positif terhadap tingkat kualitas laba. Hasil penelitian terakhir menunjukkan pengungkapan CSR dan kualitas laba berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, tetapi etika bisnis berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. |