Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:54 WIB
Detail
BukuPengaruh problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan regulasi diri siswa kelas V (artikel Jurnal Prima Edukasia Vol.2 No.2 2014)
Bibliografi
Author: Anindyta, Pricilla ; Suwarjo
Topik: Problem based learning; pembelajaran ekspositori; keterampilan berpikir kritis; regulasi diri
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Asosiasi Dosen PGSD dan Dikdas Indonesia bekerja sama dengan Program Studi Dikdas Program Pascasarjanan Universitas Negeri Yogyakarta     Tempat Terbit: Yogyakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext:
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis dan regulasi diri siswa antara kelas yang diajar dengan menggunakan problem based leaning dan kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositori dan (2) pengaruh penerapan problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis, dan regulasi diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Santo Vincentius Jakarta. Pada kelas eksperimen, pembelajaran IPA dilaksanakan dengan model problem based learning, sedangkan pada kelas kontrol dengan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru yaitu pem-belajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah (1) tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari aspek kognitif, (2) skala perilaku untuk mengukur keterampilan berpikir kritis ditinjau dari aspek perilaku dan regulasi diri siswa. Analisis data menggunakan (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data keterampilan berpikir kritis dan regulasi diri siswa, dan (2) statistik inferensial dengan menggunakan uji t sampel bebas dan uji MANOVA untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan antara kelas yang diajar dengan menggunakan problem based leaning dan kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositori, dengan nilai sig. 0,040; (2) terdapat perbedaan regulasi diri siswa yang signifikan antara kelas yang diajar dengan menggunakan problem based learning dan kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositori, dengan nilai sig. 0,005; (3) penerapan problem based learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan regulasi diri siswa, dengan nilai sig 0,021.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)