Saat ini banyak pusat kebugaran (fitness center) bermunculan, terutama di kota-kota besar. Fenomena bisnis ini, tentu tidak terlepas dari perubahan gaya hidup masyarakat dan pandangan akan pentingnya hidup sehat yang makin meningkat. Penelitian ini hendak meneliti bagaimana pengaruh service quality terhadap kepuasan, pengaruh service quality terhadap loyalitas dan pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas member Fitness First Platinum di Pacific Place, Jakarta. Penelitian ini mengambil sampel 152 responden dengan menggunakan metode convenience sampling dan menggunakan pendekatan metode analisis statistik analisis regresi dan path analysis. Dari hasil pengujian membuktikan bahwa pada hipotesa pertama service quality sangat baik pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen dan selanjutnya kepuasan terhadap loyalitas, dan yang terakhir service quality terhadap loyalitas. Dari hasil pengujian pengaruh tidak langsung service quality terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan konsumen menunjukkan ada pengaruh mediasi kepuasan konsumen dalam pengaruh service quality terhadap loyalitas konsumen. Semakin baik service quality, maka semakin puas konsumen dan tingkat loyalitas juga akan semakin meningkat. |