Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi dan implementasi yang digunakan oleh Starbucks Coffee Indonesia dalam membentuk citra kopi Indonesia, konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra dan 4 perencaan program kerja berdasarkan Cutlip, Center & Broom yaitu Mendefinisikan masalah atau peluang, Startegi, Implementasi dan yang terakhir adalah Evaluasi program. Metode yang digunakan didalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan metode wawancara mendalam,observasi, dan dokumentasi. Wish image yang dibentuk mengenai kopi Indonesia adalah Indonesia kaya akan keanekaragaman jenis Kopi. Dari penelitian ini ditemukan bahwa Starbucks Coffee tidak mempunyai strategi dan implementasi khusus dalam membentuk citra kopi Indonesia. Strategi dan implementasi yang digunakan untuk membentuk citra kopi Indonesia sama dengan strategi dan implementasi yang digunakan untuk kopi lainnya yang dijual di Starbucks. Tidak ada perlakukan khusus untuk membentuk citra kopi Indonesia walaupun Starbucks memiliki nilai selalu menyesuaikan diri dimanapun Starbucks berada. Selain itu Starbucks Coffee tidak pernah melalukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan program. Dari kegiatan tersebut dapat dilihat bahwa terdapat beberapa customer yang telah mengetahui mengenai citra yang ingin dibentuk oleh Starbucks, sedangkan sebagian lainnya hanya mengetahui bahwa Starbucks menjual kopi yang berasal dari Indonesia. Sebagai rekomendasi, Starbucks sebaiknya memiliki strategi dan implementasi khusus untuk membentuk citra kopi Indonesia. |