Metroxgroup merupakan salah satu perusahaan MNC asal Indonesia yang bergerak di industri retail fashion. Wakai merupakan salah satu brand ciptaan Metroxgroup. Seiring berkembangnya waktu, Metroxgroup ingin melebarkan kegiatan pemasaran wakai ke pasar internasional. Mereka menjalin kerjasama dengan perusahaan asing di negara yang mereka tuju. Sebelum memasuki pasar internasional, Metroxgroup harus memiliki strategi bersaing yang baik dan keunggulan kompetitif agar mampu menembus pasar internasional. Untuk memperoleh strategi bersaing yang baik dapat dilakukan dengan cara menganalisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal yang terdapat di perusahaan. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara kepada tiga narasumber dari Metroxgroup (brand wakai) dan observasi. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan melalui studi kepustakaan dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis data dan wawancara dengan narasumber, dapat diketahui bahwa aktivitas bisnis internasional yang dilakukan oleh Metroxgroup (brand wakai) adalah franchise dan melakukan kegiatan produksi di negara China melalui joint venture. Strategi bersaing Metroxgroup dalam memasarkan brand wakai ke pasar internasional menitik beratkan kepada kualitas pelayanan (quality service), kualitas produk (quality product), inovasi (innovation), dan terbuka menerima ide (open idea). Kualitas pelayanan (quality service) yang diterapkan oleh Metroxgroup (brand wakai) sangat tinggi. Setiap karyawan dituntut untuk memiliki pengetahuan produk yang luas dan dapat menarik minat konsumen, sehingga konsumen menjadi loyal terhadap produk-produk dari wakai. Kualitas produk (quality product) yang dilakukan oleh Metroxgroup (brand wakai) yaitu mengawasi semua kegiatan produksi mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi produk, hingga pengiriman produk. Tim produksi dari Metroxgroup (brand wakai) datang langsung ke pabrik di China. Inovasi (innovation) yang dilakukan oleh Metroxgroup (brand wakai) yakni membuat produk-produk terbaru setiap enam bulan sekali, serta memasukkan teknologi terbaru ke dalam produknya. Dengan melakukan inovasi setiap saat diharapkan konsumen menjadi loyal dan tidak akan berpaling ke produk yang sejenis. Terakhir terbuka menerima ide (open idea), maksudnya disini adalah Metroxgroup (brand wakai) menerima kritik dan saran dari konsumen mengenai produk mereka. Konsumen dapat menyampaikan ide dan gagasan mereka melalui influencer di store, hotline service, maupun di channel marketing yang ada (facebook, twitter, instagram, dan youtube). Kepuasaan dan kenyamanan konsumen merupakan hal yang terpenting di industri retail fashion. Strategi generik yang digunakan oleh Metroxgroup (brand wakai) adalah strategi fokus diferensiasi guna menghadapi persaingan dengan kompetitor. Maksudnya disini adalah Metroxgroup dalam hal ini brand wakai memiliki fokus yang jelas dalam hal target konsumen, brand image, dan sebagainya. Target konsumen brand wakai adalah konsumen di golongan B – B+, sedangkan brand image yang ingin dibangun adalah produk-produk yang dihasilkan merupakan produk yang berkualitas dan bertaraf internasional. Jadi, untuk penempatan posisi store benar-benar disesuaikan dengan brand image dari wakai. Dalam hal diferensiasi, Metroxgroup (brand wakai) selalu melakukan inovasi produk setiap 3 atau 6 bulan sekali dan memasukkan teknologi terbaru ke dalam produknya. Diharapkan konsumen menjadi lebih loyal terhadap produk-produk dari brand wakai dan tidak bosan dengan produk-produk dari brand wakai. |