Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara brand trust dan customer satisfaction dalam mempengaruhi customer loyalty kosmetik Etude House. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brand Trust, Customer Satisfaction, dan Customer Loyalty. Penelitian ini berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan customer satisfaction terhadap customer loyalty, dengan menggunakan 210 sampel, yaitu responden yang berusia minimal 15 tahun dan menggunakan kosmetik Etude House di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan convenience sampling. Variabel penelitian adalah brand trust dan customer satisfaction sebagai variabel bebas (independent variable) dan customer loyalty sebagai variabel terikat (dependent variable). Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang kuat antara brand trust dan customer satisfaction terhadap customer loyalty. Hal ini dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 0,606 yang artinya pengaruh brand trust dan customer satisfaction terhadap customer loyalty sebesar 60,60% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti citra merek dan country of origin image. |