Peringkat obligasi memiliki peran penting bagi investor dan perusahaan penerbit obligasi, yaitu memberikan informasi tentang kemampuan perusahaan penerbit obligasi dalam memenuhi seluruh kewajiban obligasi yang diterbitkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi. Adapun variabel bebas yang diuji adalah (1) ukuran perusahaan, (2) umur obligasi, (3) rasio leverage, dan rasio profitabilitas. Sampel penelitian ini adalah perusahaan non-keuangan yang menerbitkan obligasi dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Total sampel yang dapat digunakan adalah 30 perusahaan dengan periode selama 3 tahun yaitu tahun 2011-2013. Penelitian ini menggunakan model analisis Regresi Logistik untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi. Dari keempat variabel bebas yang diuji, variabel dengan pengaruh yang signifikan dalam memprediksi peringkat obligasi adalah umur obligasi sementara ukuran perusahaan, rasio leverage, dan rasio profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan dalam memprediksi peringkat obligasi. |