Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:09 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Uji kesetaraan golongan data klaim, komplain, dan inisiatif perusahaan terhadap kategorisasi Kano (dipresentasikan pada 1st Annual Conference on Industrial and System Engineering (ACISE) Semarang, 2 Oktober 2014)
Bibliografi
Author:
Suef, Mokh.
;
Suparno
;
Singgih, Moses L.
;
Sukwadi, Ronald
;
Widawati, Enny
Topik:
TQM
;
product design
;
customer satisfaction
;
knowledge based QFD
;
JABFUNG-RS-FT-2017-24
;
JABFUNG-2020-RSFT-30
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro
Tempat Terbit:
Semarang
Tahun Terbit:
2014
Jenis:
Papers/Makalah - pada seminar nasional
Fulltext:
ACISE 2014 - p297 - text.pdf
(7.06MB;
10 download
)
ACISE 2014 - cover.pdf
(1.07MB;
2 download
)
Abstract
Total Quality Management (TQM) menjelaskan bahwa persoalan mutu seharusnya ditangani sejak dini yaitu sejak perancangan produk. Quality Function Deployment (QFD) adalah alat bantu yang sangat bermanfaat untuk menjamin bahwa produk yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan akan memberikan kepuasan yang tinggi. Knowledge Based QFD mendukung proses deployment menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih akurat. Knowledge Based QFD terdiri atas 3 macam knowledge yaitu customer needs knowledge, product knowledge and process knowledge. Tidak seperti product knowledge dan process knowledge, customer needs knowledge lebih tergantung pada data ekstemal dari pada data internal. Data kebutuhan pelanggan masih harus didapat dari survey yang memerlukan banyak waktu dan tingkat akurasi yang rendah. Perlu dikembangkan penggunaan data komplain, klaim dan inisiatif perusahaan sebagai altematif data kebutuhan pelanggan. Paper ini melaporkan uji empiris yang dilakukan di sebuah perusahaan untuk melihat bahwa data komplain, klaim dan inisiatif perusahaan adalah setara dengan kategori atribut produk dari Kano dan dapat digunakan sebagai alternative sumber suara pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesetaraan antara komplain dengan atribut must-be, klaim dengan atribut one-dimensional, dan inisiatif perusahaan dengan atribut attractive.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)