Piston pada motor pembakaran dalam yang juga dikenal dengan istilah torak adalah komponen (parts) yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar. Material piston umumnya terbuat dari logam yang ringan namun kuat, seperti aluminium paduan. Secara khusus spesifikasi piston untuk motor balap harus kuat, ringan, tahan kompresi tinggi, serta minim gesekan. Pilihan material piston terbuat dari Al 4032 dengan lapisan film molibdenum, ditujukan untuk memaksimalkan kinerja piston. Lapisan molibdenum berfungsi sebagai pelumas kering. Eksperimen ini difokuskan pada pengukuran penurunan ketebalan lapisan molibdenum pada piston akibat peningkatan temperatur, yang dalam aplikasinya terjadi karena pembakaran. Penurunan ketebalan lapisan Mo yang signifikan sebenarnya terjadi akibat difusi yang tidak merata. Penurunan ketebalan lapisan yang signifikan terjadi pada temperatur pemanasan 90? dan 470? akibat difusi atom di antar muka yang tidak homogen, namun tidak menurunkan kekuatan ikatan, hanya penipisan tebal lapisan film Mo. Fasa Al 4032 juga tidak berubah akibat pemanasan yaitu aAl + Si, hanya pada rentang temperatur tersebut struktur dendrit mengalami pertumbuhan. |