Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:54 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Relationship between Learning Approach and Motivation to Learn Among Medical Students at Universitas Gadjah Mada
Oleh:
Jurgens, Stefanie
;
Emilia, Ova
;
Widyandana
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia vol. 04 no. 01 (Apr. 2009)
,
page 26-31.
Topik:
laboratorium keterampilan medik
;
pendekatan belajar
;
motivasi belajar
;
mahasiswa kedokteran
Ketersediaan
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
J38.K.02
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Latar Belakang: Belajar merupakan sebuah proses yang kompleks. Cara seorang mahasiswa belajar dipengaruhi oleh metode pembelajaran dan kondusifitas lingkungan pembelajaran. Motivasi belajar merupakan modal awal mahasiswa untuk melakukan proses/pendekatan belajar yang akhirnya mempengaruhi hasil akhir belajar yang diperoleh. Sejauh ini belum diketahui hubungan kedua konstruk yang penting ini dalam konteks belajar di Laboratorium Keterampilan, Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar pada proses pembelajaran keterampilan di Laboratorium Keterampilan. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang melibatkan mahasiswa kelas internasional Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada angkatan 2004-2006. Metode sampling yang dipilih adalah convenience sampling. Sebuah kuesioner yang terdiri dari SPQ dan MSQ dibagikan kepada mahasiswa setelah kuliah dan mahasiswa diminta untuk mengisi kuesioner secara suka rela tanpa supervisi. SPQ digunakan untuk mengevaluasi pendekatan mahasiswa dalam belajar, dan MSLQ digunakan untuk mengevaluasi motivasi belajar mahasiswa. Hasil: Mahasiswa dalam belajar keterampilan medik memiliki kecenderungan untuk menggunakan pendekatan surface dibanding deep. Pendekatan belajar deep dan motivasi yang lebih tinggi cenderung lebih banyak pada mahasiswa laki-laki dan tidak mendapat beasiswa. Pendidikan belajar memiliki korelasi sedang dengan motivasi belajar. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa menggunakan pendekatan pembelajaran surface dan orientasi ekstrinsik untuk pembelajaran merekadi Laboratorium Keterampilan Medik. Kedua variabel tersebut memiliki korelasi sedang. Motivasi mahasiswa harus ditingkatkan terlebih dahulu untuk meningkatkan pendekatan pembelajaran yang lebih optimal.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)