Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:52 WIB
Detail
BukuPenerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SDN Penggilingan 09 Pagi
Bibliografi
Author: Kurnia, Inggridwati (Advisor); Anindyta, Pricilla (Advisor); Claudia, Elisabeth
Topik: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Sikap Ilmiah
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Elisabeth Claudia’s Undergraduate Theses.pdf (3.91MB; 20 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-287
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penerapan kurikulum 2013 menekankan pembangunan karakter siswa dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku sehari-hari yang hendak dibentuk diantaranya sikap kemandirian, kecermatan, dan ketelitian yang merupakan unsur sikap ilmiah yang perlu dikembangkan pada siswa tingkat SD. Sikap ilmiah adalah sikap yang dikembangkan seseorang untuk memperoleh hasil tertentu. sikap ilmiah meliputi unsur rasa ingin tahu, sikap penemuan, berpikir kritis, dan sikap ketekunan. Dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu membentuk sikap ilmiah salah satunya adalah model pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran berbasis masalah adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa agar dapat menyelesaikan permasalahan dunia nyata yang sesuai dengan materi prmbelajaran. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah terdiri dari lima tahapan dalam kegiatan pembelajaran yaitu: (a) mengorganisasi siswa kepada masalah; (b) mengorganisasi siswa untuk belajar, (c) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok; (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta (e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas IVA SDN Penggilingan 09 Pagi. Subyek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IVA yang bejumlah 24 orang. Dalam penelitian ini, menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif sedangkan sikap ilmiah disajikan dalam bentuk grafik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dipaparkan sebagai berikut. 1. Model pembelajaran berbasis masalah memiliki lima tahapan yaitu (a) mengorganisasi siswa kepada masalah, yaitu masalah yang disajikan adalah masalah dunia nyata yang disajikan dengan menarik salah satunya berupa cerita pendek; (b) mengorganisasi siswa untuk belajar; (c) membimbing penyelidikan individual mapupun kelompok dengan menggunakan panduan dalam bentuk lembar aktivitas siswa; (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya berupa gambar dan laporan; (e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 2. Terdapat peningkatan sikap ilmiah siswa yang dapat diketahui melalui peningkatan nilai sikap ilmiah yang diamati. Pada siklus I nilai sikap ilmiah setelah pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh sebesar 86,7 dan pada siklus II nilai sikap ilmiah yang diperoleh sebesar 91,59. Maka, diketahui terdapat peningkatan sikap ilmiah pada siklus I dan siklus II sebesar 4,89. 3. Peningkatan sikap ilmiah juga terjadi pada setiap unsur yang diamati yaitu pada rasa ingin tahu diperoleh peningkatan sebesar 6,25. Pada unsur penemuan, peningkatan diketahui sebesar 10,25. Berpikir kritis peningkatan sebesar 6,25. Pada unsur ketekunan diperoleh peningkatan sebesar 8,25 Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan ini, peneliti berharap agar guru menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan masalah pada kehidupan nyata yang disajikan dengan menarik serta memfasilitasi atau memberikan arahan agar siswa dapat melakukan penyelidikan. Siswa lebih tekun dalam menyelesaikan masalah sehingga sikap ilmiah lebih berkembang.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)