Anda belum login :: 27 Nov 2024 02:08 WIB
Detail
BukuAnalisis Persaingan Nike dan SPECS menurut Persepsi Konsumen Berdasarkan Konsep Pemasaran 4C (Studi Kasus Di Kalangan Mahasiswa/i Unika Atma Jaya Kampus Semanggi, Jakarta)
Bibliografi
Author: KANAJAYA, CLARA ; Wibowo, Rusminto (Advisor)
Topik: Bisnis Internasional; Persaingan; Persepsi; Konsep Pemasaran 4C; Nike; SPECS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Clara Kanajaya's Undergraduate Theses.pdf (1.46MB; 82 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1847
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Sejak jaman dahulu setiap negara pasti akan melakukan perdagangan dengan negara lain. Hal ini didasari atas adanya perbedaan akan kebutuhan dan selera dari masyarakatnya. Sehingga suatu negara terdorong untuk mengembangkan perdagangannya sampai ke negara lain. Ini adalah salah satu penyebab dari adanya perdagangan bebas saat ini. Perdagangan bebas ini membuat suatu perusahaan harus mampu bersaing dengan perusahaan lain. Dewasa ini, banyak perusahaan dapat kita temui saling berlomba-lomba untuk memasarkan produknya di masyarakat. Perusahaan-perusahaan tersebut tidak hanya berasal dari dalam negeri melainkan banyak pula yang berasal dari luar negeri. Ini juga merupakan akibat dari adanya perdagangan bebas yang disebabkan oleh globalisasi. Namun, ketika perusahaan asing yang berasal dari luar negeri masuk ke pasaran lokal, bukan berarti perusahaan lokal yang berasal dari dalam negeri tidak dapat bersaing dengan perusahaan asing tersebut. Di Indonesia banyak sekali perusahaan asing yang masuk ke dalamnya. Perusahaan-perusahaan asing tersebut banyak bersaing dengan perusahaan lokal di banyak bidang. Salah satunya di dalam bidang sepatu. Salah satu perusahaan asing yang bergerak di bidang sepatu adalah Nike. Nike memiliki reputasi yang tidak perlu diragukan lagi di seluruh dunia. Nike digemari oleh banyak orang di seluruh dunia termasuk orang Indonesia. Di Indonesia SPECS merupakan pionir sepatu lokal yang berasal dari dalam negeri. Tak sedikit pula angka dari orang Indonesia yang menggunakan sepatu SPECS. Persaingan tersebut dapat terlihat melalui konsep pemasaran 4C yang diambil melalui persepsi konsumen Hal ini menarik untuk diteliti karena persaingan kedua perusahaan tersebut dapat terlihat jelas melalui persepsi konsumen. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui konsep yang dipakai oleh Nike dan SPECS dilihat dari konsep pemasaran 4C. Selain itu penelitian ini ingin mengetahui tingkat kepuasan yang dirasakan oleh masing-masing konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan konsumen Nike dan SPECS serta toko sepatu yang menjual kedua produk tersebut. Analisis data yang telah ditafsirkan dan diinterpretasikan akan digunakan untuk membuat deskripsi mengenai konsep pemasaran 4C Nike dan SPECS. Data-data yang diperoleh untuk menunjang penelitian ini adalah data primer melalui wawancara dengan narasumber dan data sekunder seperti buku dan website. Melalui penelitian ini, didapatkan hasil bahwa sesuai kesimpulan penerapan konsep 4 P yang dilihat dari 4 C di mata konsumen sudah memiliki kelebihannya masing-masing, mulai dari apa yang diinginkan oleh konsumen, biaya yang didapat konsumen, cara mendapatkan produk, dan komunikasi yang dirasakan oleh konsumen. Kedua produk sepatu tersebut sama-sama laku dan kuat di pasaran. Nike dan SPECS memiliki pasarnya masing-masing. Bagi konsumen Nike, Nike dirasa sudah cukup memiliki harga yang seimbang dengan kualitas produk yang dimiliki. Dengan merek Nike yang sudah terkenal, konsumen tidak ragu dan merasa puas dengan produk yang digunakannya. Dan bagi konsumen SPECS, sepatu yang mereka gunakan sangat memuaskan karena dengan harga yang terjangkau, mereka dapat memiliki produk sepatu dalam negeri yang bagus kualitasnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)