Anda belum login :: 23 Nov 2024 22:02 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Antrian Untuk Mengoptimalkan Jumlah Loket Pelayanan Kasus Pada Taman Akuarium Air Tawar-Taman Mini Indonesia Indah  
Oleh: Latiningsih, Lusiah
Jenis: Article from Bulletin/Magazine
Dalam koleksi: Ekonomi Komputer vol. XI no. 1 (Apr. 2003), page 28-32.
Topik: Distribusi; antrian; distribusi poison
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: EE33.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelWaktu tunggu yang terlalu lama sangat membosankan dan merugikan konsumen yang akan mengakibatkan konsumen meninggalkan antrian atau membatalkan niatnya. Hal ini akan menimbulkan kerugian bagi suatu perusahaan. Sedangkan untuk penambahan fasilitas pelayanan tentu memerlukan pemikiran yang mendalam, sehingga setiap dana yang dikeluarkan dapat dirasakan manfaatnya untuk kegiatn yang lebih menguntungkan. Suatu antrian dapat dianalisa menggunakan teori antrian, sehingga didapatkan solusi yang terbaik baik dari sudut customer maupun dari sudut penyedia server. Antrian customer pada loket pelayanan taman akuarium air tawar, taman mini indonesia indah mempunyai karakteristik kedatangan dan pelayanan mengikuti distribusi poisson, panjang antrian tidak terbatas dan sumber populasi tidak terbatas. Utilisasi server dengan mengaktifkan 2 loket pada hari libur sebesar 0,97. Jumlah pengunjung rata - rata dalam antrian sebesar 30.934 customer. Jumlah pengunjung rata - rata dalam sistem sebesar 32.87 pengunjung. Waktu rata - rata customer dalam antrian sebesar 0,101574 jama tau 6,09444 menit atau 365,6664 detik. Waktu rata - rata customer dalam sistem terbesar sebesar 0,107741 jam atau 6,46446 menit atau 387,8676 detik. Menggunakan 3 loket, utilisasi server jauh lebih rendah yaitu sebesar 0,647. Waktu sibuk loket oleh karenanya hanya 64.7 % dari total jam kerja, 35.3 % dari total waktu loket menganggur. Waktu menunggu rata - rata customer dalam antrian menurun tajam menjadi 0,0024174 jam atau setara dengan 0,145 menit atau 8,703 detik. Waktu rata - rata customer dalam sistem menjadi 0,0055968 jam atau 0,335808 menit atau 20,149 detik. Utilisasi server dengan mengaktifkan 1 loket pada hari biasa sebesar 0,605. Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan utilisasi server (loket) pada hari libur menggunakan 2 maupun 3 loket. Jumlah rata - rata pengunjung dalam antrian 0,927 dan dalam sistem 1,532. Angka ini cukup kecil dan diharapkan tidak akan membuat pengunjung enggan untuk mengantri mendapatkan tiket di loket tersebut. Waktu rata - rata customer sebesar 0,01562 jam atau setara dengan 0,937 menit atau 56,22 detik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)