Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:02 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kegemaran Pada Siswa Kelas Satu SD Santo Fransiskus III Kampung Ambon
Bibliografi
Author: Kurnia, Inggridwati (Advisor); Jemitun, Magdalena (Sr. M. Natalia)
Topik: Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Tema Kegemaran.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-284
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media pembelajaran ialah segala bahan, alat, metode ataupun teknik yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa, hal ini bermanfaat untuk memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran khususnya dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar merupakan tingkat penguasaan yang dicapai oleh siswa dalam mengikuti program belajar yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan, sesuai dengan kurikulum 2013 maka hasil belajar yang ingin di capai adalah nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada tema kegemaran dan sub tema gemar membaca siswa diajak untuk melatih kemampuan membanya dengan lebih baik, maka peneliti menggunakan media pembelajaran berupa gambar, alat tulis, power point dan buku-buk Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tema kegemaran pada siswa kelas satu SD Santo Fransiskus Kampung Ambon. Subjek penelitiannya adalah peneliti sebagai guru, 23 siswa,dengan komposisi 9 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus yang pertama media yang digunakan adalah gambar anak membaca, power point, dan membuat buku sederhana. Siklus yang kedua ini memantapkan dari hasil siklus yang pertama, maka dalam siklus yang kedua peneliti menggunakan gambar untuk menjelaskan peraturan perpustakaan, mengajak anak membaca buku di perpustakaan, mengurutkan benda dengan benda-benda kubus dan buku-buku perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, non tes. Berdasarkan analisis data kualitatif dan kuantitatif, diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat. Nilai pengetahuan siklus yang pertama 73,5 dan dalam siklus yang kedua menjadi 94,3. Selain nilai pengetahuan peneliti juga menilai sikap siswa yaitu sikap percaya diri, tertib, tanggung jawab, santun, disiplin dan juga nilai keterampilan terutama keterampilan membaca siswa. Hal ini karena peneliti menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa lebih terpacu untuk belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar sekolah dapat mendukung penggunaan media pembelajaran dengan menyediakan sarana dan prasrana dalam pembuatan media yang dibutuhkan. Guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi guna meningkatkan hasil belajar agar pembelajaran tidak monoton dan siswa menjadi lebih senang belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)