Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk plagiat pada skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Tempat pelaksanaan penelitian di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan. Populasi penelitian sejumlah 1260 buah skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang lulus tahun 2010-2011, sedangkan sampel diambil dengan teknik random sampling sejumlah 118 buah skripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bentuk-bentuk plagiat skripsi mahasiswa FIP UNY adalah 1) mengacu dan mengutip istilah, kata/kalimat, data/info dari suatu sumber tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kutipan dan tanpa menyatakan sumber secara memadai (sejumlah 63,29%); 2) mengacu dan mengutip secara acak istilah, kata/kalimat, data/info dari suatu sumber tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kutipan dan tanpa menyatakan sumber secara memadai (sejumlah 17,6%); 3) menggunakan sumber gagasan, pendapat, pandangan/teori tanpa menyebutkan sumber secara memadai (sejumlah 17,1%); 4) merumuskan dengan kata-kata dan kalimat sendiri dari sumber kata-kata, kalimat, gagasan, pendapat/teori tanpa menyebutkan sumber secara memadai (sejumlah 1,4%). |