Kebutuhan setiap manusia akan makanan sangatlah penting, karena makanan adalah kebutuhan pokok setiap manusia. Perkembangan zaman sekarang ini membuat masyarakat perkotaan lebih menghargai waktu, sehingga mereka membutuhkan sesuatu yang efektif dan efisien. Saat ini jumlah restoran cepat saji yang beredar sangat banyak, tetapi hanya restoran yang dapat memberikan kualitas pelayanan dan memberikan citra yang baik yang dapat bersaing untuk mempertahankan keloyalan konsumennya. Objek dalam penelitian ini adalah McDonald’s Plaza Sentral. Dimana restoran ini telah dipercaya oleh masyarakat dengan memiliki cabang yang tersebar dimana-mana. Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan (tangibles, reliability, assurance, responsiveness, empathy) terhadap loyalitas konsumen. Penulis menyebarkan 150 kuisioner kepada konsumen McDonald’s Plaza Sentral selama 3 hari. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa citra merek dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Kualitas pelayanan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam terciptanya loyaliyas konsumen. |