PT Anabatic merupakan perusahaan yang menaruh perhatian besar pada kualitas. Agar perbaikan kualitas dapat berjalan dengan efektif dan efisien, perusahaan perlu menghitung biaya kualitas dan membuat laporan biaya kualitas untuk tiap periode. Hasil perhitungan biaya kualitas PT Anabatic dengan menggunakan Quality-costing approach pada tahun 2010 menunjukkan bahwa total biaya kualitas yang dikeluarkan adalah sebesar Rp1.590.000.000 atau 26,50% dari total penjualan, sedangkan pada tahun 2011 adalah sebesar Rp1.664.000.000 atau 13,87% dari total penjualan. Secara total, biaya kualitas perusahaan mengalami peningkatan. Namun jika dilihat berdasarkan persentasenya terhadap penjualan, biaya kualitas perusahaan mengalami penurunan walaupun nilainya masih berada di atas angka ideal yaitu 2,5%. Hal tersebut disebabkan adanya peningkatan penjualan yang cukup tinggi, yaitu dari Rp6 milyar pada tahun 2010, menjadi Rp12 milyar pada tahun 2011. Peningkatan penjualan dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kenaikan harga jual produk sebesar 20% akibat adanya inflasi. Faktor lain yang mempengaruhi peningkatan penjualan adalah kualitas produk itu sendiri, dimana kegiatan-kegiatan perbaikan kualitas yang dilakukan perusahaan meningkatkan kualitas produk yang dijual yang pada akhirnya menarik pelanggan untuk membeli produk tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin besar biaya kualitas yang dikeluarkan, semakin besar pula tingkat penjualan perusahaan, walaupun pengaruh yang diberikan biaya kualitas tidak terlalu signifikan. |