Permasalahan pemasaran saat ini adalah sulitnya mempertahankan produk agar konsumen tetap loyal pada satu merek dan tidak mudah beralih ke merek lain (brand switching). Ketatnya persaingan yang terjadi diantara para produsen membuat konsumen sulit membedakan satu produk dengan produk lainnya. Penelitian ini ingin melihat apakah ada pengaruh antara customer dissatisfaction dan perilaku variety seeking terhadap keputusan brand switching konsumen telepon genggam Blackberry ke Samsung. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan 144 kuesioner pada bulan November 2013 kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Program Studi Manajemen angkatan 2012. Data diperoleh dengan teknik convenience sampling. Berdasarkan hasil pengujian, dapat dijelaskan bahwa responden setuju adanya pengaruh customer dissatisfaction dan variety seeking pada telepon genggam merek Blackberry dan responden setuju dalam melakukan keputusan brand switching. Selain itu dapat dijelaskan juga bahwa terdapat pengaruh yang signifikan customer dissatisfaction terhadap keputusan brand switching, ada pengaruh variety seeking terhadap keputusan brand switching serta ada pengaruh customer dissatisfaction dan variety seeking terhadap keputusan brand switching. |