Motivasi belajar adalah usaha yang timbul dari faktor intrinsik dan ekstrinsik yang menggerakkan, memelihara, dan mengarahkan perilaku siswa dalam kegiatan belajar sehingga memberikan arah pada kegiatan belajar dan tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Motivasi belajar siswa dideskripsikan pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode permainan di kelas III B SD Strada Bina Mulia I. Pendidikan Kewarganegaraan adalah usaha sadar dan terencana agar siswa secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk menjadi warganegara yang mampu memahami, menganalisis, melaksanakan hak-hak dan kewajibannya, serta menjawab masalah masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa, dan negaranya secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan UUD 1945. Metode permainan adalah suatu cara yang dibuat secara teratur dan logis dalam kegiatan yang menyenangkan untuk mengembangkan imajinasi anak dan menyampaikan informasi berupa materi pelajaran sehingga tujuan pelajaran dapat dicapai dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode permainan di kelas III B SD Strada Bina Mulia I. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IIIB SD Strada Bina Mulia I yang berjumlah 37 orang dan terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Pada pertemuan pertama, materi pelajaran tentang aturan dan pada pertemuan kedua materi pelajaran tentang harga diri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada tujuh siswa atau 18,92% yang masuk kategori motivasi rendah, serta 21 siswa atau 56,76% yang masuk dalam kategori motivasi sedang, dan sembilan siswa atau 24,32% masuk dalam kategori motivasi tinggi. Karena banyaknya siswa yang masuk dalam kategori motivasi sedang maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode permainan di kelas III B SD Strada Bina Mulia I sudah cukup baik namun masih ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan sebaiknya guru menerapkan variasi metode dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan seperti metode permainan agar siswa dapat memahami materi dengan lebih menyenangkan dan mudah karena materi pelajaran langsung dapat diaplikasikan dalam permainan sehingga motivasi belajar siswa pun semakin baik. |