PT Golden Rama Express merupakan penyedia jasa tour dan travel yang sudah dikenal oleh masyarakat. Penulis melaksanakan kegiatan magang selama tiga bulan dan ditempatkan pada divisi Customer Relations. Tugas inti dari penulis ialah mengumpulkan feedback terhadap tamu yang telah mengikuti tour Golden Rama. Hal ini untuk mengetahui tingkat kepuasan tamu setelah menggunakan jasa Golden Rama, adapun saran kritik yang disampaikan tamu untuk membangun Golden Rama menjadi lebih baik lagi. Sebagai perusahaan jasa yang masuk top ten tours dan travel di Indonesia, Golden Rama cukup jeli melihat peluang untuk menarik konsumen dengan menawarkan produk harga murah, seperti paket Fun yang ditujukan untuk masyarakat menengah, serta Golden Kids yang diberikan kepada anak-anak, serta Golden Dream yang merupakan program yang dipelopori oleh Golden Rama untuk memberikan nilai tambah kepada konsumen, yang ditujukan untuk tamu paket premium. Setelah melakukan praktik magang, penulis menyimpulkan bahwa Golden Rama harus memperhatikan keterbatasan SDM dalam melayani banyaknya konsumen serta merealisasikan database milik Customer Relations yang sampai sekarang belum dilaksanakan untuk menjaga hubungan dengan seluruh pelanggan dan dapat mencari feedback-feedback yang dapat memperbaiki dan makin meningkatkan kinerja PT Golden Rama Express. |