Anda belum login :: 17 Feb 2025 13:25 WIB
Detail
BukuPeningkatan Hasil Karya Keterampilan Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran SBK bagi Siswa Kelas IV SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi
Bibliografi
Author: LESTARI, FRANSISKA DEWI ; Pramudita, Wahyu (Advisor)
Topik: Karya Keterampilan; Metode Demonstrasi; Pelajaran SBK
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010035049-Fransiska Dewi.pdf (18.38MB; 44 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-276
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Karya keterampilan adalah gambaran kemampuan motorik seseorang yang ditunjukkan melalui penguasaan suatu gerakan. Keterampilan penting untuk dikembangkan pada siswa karena bisa berguna bagi kehidupan dan karier seseorang di berbagai lapangan kehidupan dan bisa di dayagunakan seseorang untuk meraih prestasi yang gemilang di bidang seni rupa. Siswa akan lebih aktif jika guru menerapkan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau memperlihatkan bekerjanya suatu proses dalam rangka mengembangkan keterampilan siswa. Seni Budaya dan Keterampilan adalah mata pelajaran yang bertujuan untuk membentuk keterampilan berolah seni pada siswa dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil karya keterampilan melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran SBK bagi siswa kelas IV SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi. Penelitian ini termaksud jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian terdiri dari 43 siswa kelas IV B SD Strada Bhakti Wiyata I, peneliti dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil karya keterampilan dianalisis dengan cara menghitung rata-rata nilai sedangkan observasi pada penerapan metode demonstrasi dianalisis dengan cara deskriptif. Jika dilihat dari hasil penelitian, maka penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil karya keterampilan pada mata pelajaran SBK kelas IV B SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi. Dimana terdapat peningkatan nilai rata-rata pada pra-siklus, siklus I dan siklus II. Rata-rata hasil karya keterampilan pada pra-siklus sebesar 69,97 kemudian meningkat pada siklus I sebesar 73,83 dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 80,32. Setelah membandingkan rata-rata pada pra-siklus, siklus I dan siklus II disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil karya keterampilan pada mata pelajaran SBK kelas IV B SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada sekolah dan guru untuk melakukan pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi. Hal tersebut dilakukan agar terjadi peningkatan hasil karya keterampilan pada siswa melalui penerapan metode demonstrasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)