Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:10 WIB
Detail
BukuSoft Skill Guru Sekolah Dasar di SD Strada Bhakti Wiyata I, Bhakti Wiyata II, Budi Luhur I, Budi Luhur II Bekasi Jawa Barat
Bibliografi
Author: SETIAWAN, MESIANO ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Soft Skill Guru SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010035023-Mesiano Setiawan.pdf (2.12MB; 12 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-271
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Guru adalah sosok teladan hidup yang dapat memotivasi peserta didik dalam meraih tujuan, cita-cita hidupnya. Soft Skill Guru SD adalah kemampuan seseorang dalam mengenal potensi dirinya sendiri dalam rupa tanggung jawab, bersikap adil, kejujuran, mengelola waktu, dan kepemimpinan serta kemampuan seseorang dalam berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang lain. Guru merupakan sebuah profesi yang merujuk pada kemampuan Soft skill karena guru akan terlibat langsung atau berinteraksi langsung dengan peserta didik. Soft skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (Interpersonal skill) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (Intrapersonal skill) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal. Soft skill tidak termasuk keterampilan teknis seperti keterampilan merakit komputer. Soft skill mencakup pengertian keterampilan non-teknis, keterampilan yang dapat melengkapi kemampuan akademis, dan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang, apapun profesi yang ditekuninya. Soft skill terbagi menjadi dua yaitu intrapersonal skill dan interpersonal skill. Kompetensi guru yang termasuk soft skill adalah kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Kompetensi kepribadian lebih mengacu pada kematangan pribadi guru secara intrapersonal. Sementara kompetensi sosial lebih mengacu pada kematangan guru dalam membangun relasi dengan pihak lain dalam konteks pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui soft skill guru sekolah dasar di SD Strada Bhakti Wiyata I, Bhakti Wiyata II, Budi Luhur I, Budi Luhur II. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Deskriptif. Deskriptif merupakan penelitian yang menjelaskan sesuatu yang menjadi sasaran penelitian secara mendetail atau mendalam. Tempat penelitian ini diempat sekolah dasar di Bekasi Jawa Barat dengan jumlah sampel 56 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata skor soft skill guru diempat sekolah adalah 114,6. Berdasarkan nilai tersebut rata-rata soft skill guru diempat sekolah berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah soft skill guru sekolah dasar di SD Strada Bhakti Wiyata I, Strada Bhakti Wiyata II, Strada Budi Luhur I, Strada Budi Luhur II Bekasi Jawa Barat tinggi, ditunjukan pada kategorisasi soft skill secara keseluruhan terdapat 51 orang guru yang memiliki skor berada pada kategori tinggi, 5 orang guru dalam kategori sedang, dan tidak ada yang berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pihak sekolah menyusun rencana strategis pembinaan sumber daya manusia, khususnya tenaga pendidikan terutama soft skill agar tetap pada kategori tinggi dan meningkat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)