Sebuah perusahaan dinilai berhasil apabila dapat mengelola siklus penggajiannya. Hal ini disebabkan karena penggajian dapat mempengaruhi langsung kinerja karyawan. Oleh karena itu diperlukan pengendalian internal atas penggajian pada sebuah perusahaan. Dalam pengendalian internal terhadap penggajian, dapat dimulai dari menginput kehadiran karyawan melalui mesin sidik jari, perhitungan gaji karyawan, otorisasi manajemen puncak, pentransferan dana hingga sistem pemberian gaji kepada karyawan. Penelitian ini dimulai dengan menilai pengendalian internal terhadap penggajian PT Papertech Indonesia. Penelitian menggunakan metode kepustakaan dan metode lapangan. Metode kepustakaan dilakukan dengan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan pokok bahasan skripsi yang akan diterapkan pada evaluasi masalah. Sedangkan pada penelitian lapangan, melakukan wawancara, studi dokumentasi pada dokumen-dokumen yang mendukung penggajian. Dari evaluasi pengendalian internal yang dilakukan, dapat diketahui sistem pengendalian internal pada PT. Papertech Indonesia yang berhubungan dengan penggajian kurang baik. Diantaranya risiko kecurangan dalam penerimaan karyawan baru, perangkapan tugas yang pada bagian tertentu, sistem pengendalian internal terhadap penggajian dalam struktur organisasi masih kurang baik, akan tetapi sistem dan prosedur penggajiannya cukup baik. Berdasarkan kesimpulan diatas, disarankan untuk meningkatkan pengawasan internal terhadap aktivitas operasional agar tdak menyimpang dari peraturan yang telah ditetapkan. Membentuk bagian tertentu atas pemisahan tugas yang bertujuan menghindari kecurangan dari bagian tersebut. |