Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, biaya audit, dan reputasi manajemen terhadap auditor choice. Selanjutnya, peneliti juga melihat pengaruh ukuran perusahaan, biaya audit, reputasi manajemen, dan auditor choice pada kualitas audit. Dalam penelitian ini, ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan proksi total aset, biaya audit diukur menggunakan proksi market capitalization, dan reputasi manajemen diukur melalui daftar perusahaan yang termasuk dalam “The Most Trusted Company” pada majalah SWA yang kemudian diberi variabel dummy. Selanjutnya, auditor choice diukur melalui KAP yang digunakan oleh perusahaan klien melalui dummy variable untuk perusahaan dengan KAP Big 4 atau tidak. Kualitas audit dilihat dari besarnya discretionary accrual. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan dan perbankan yang terdaftar di BEI pada periode 2009 sampai 2013. Penelitian ini menggunakan dua model penelitian. Pada model penelitian pertama, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 801 sampel dan untuk model penelitian kedua adalah 782 sampel. Model penelitian pertama menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, biaya audit, dan reputasi manajemen terhadap auditor choice. Sedangkan model penelitian kedua menguji pengaruh ukuran perusahaan, biaya audit, reputasi manajemen, dan auditor choice terhadap kualitas audit. Model pertama diuji dengan menggunakan regresi logistik biner dan model kedua menggunakan analisis regresi linear berganda. Nilai signifikansi keduanya ditetapkan sebesar 5%. Hasil uji hipotesis pada model pertama menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan memiliki korelasi positif dengan auditor choice, (2) biaya audit berpengaruh positif terhadap auditor choice, (3) reputasi manajemen memiliki korelasi negatif terhadap auditor choice. Pada pengujian model kedua, dapat disimpulkan bahwa (4) ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kualitas audit, (5) biaya audit tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, (6) reputasi manajemen tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, dan (7) auditor choice berpengaruh positif terhadap kualitas audit. |