Seiring dengan berkembangnya jaman, alat transportasi menjadi hal yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan manusia. Apalagi di kota dengan kepadatan penduduk dan mobilitas penduduknya yang sangat tinggi seperti Jakarta. Selain hal tersebut, kondisi lalu lintas ibu kota Jakarta yang sangat padat dan macet membuat pemerintah memiliki ide untuk menciptakan alat transportasi baru, yaitu Bus Transjakarta atau sering disebut juga Busway. Pembangunan dan pengembangan alat transportasi Transjakarta ini juga bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan membuat para pengguna kendaraan pribadi untuk beralih pada angkutan masal. Oleh sebab itu dalam penelitian ini, penulis tertarik untuk menjadikan Bus Transjakarta sebagai objek penelitian. Penelitian ini membahas tentang pengaruh Service Quality dan Experiental Marketing terhadap Customer Satisfaction Bus Transjakarta. Dimana penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan software Lisrel 8.8. Penelitian dilakukan kepada 200 responden yang merupakan pengguna dari Bus Transjakarta itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari Service Quality dan Experiental Marketing terhadap Customer Satisfaction Bus Transjakarta. |