Dukungan sosial orangtua adalah tanggapan atau kesan siswa terhadap dukungan yang diberikan orangtua kepada siswa yang meliputi dukungan instrumen dan dukungan emosional. Dukungan instrumen meliputi (1) ketergantungan yang dapat diandalkan, (2) bimbingan. Dukungan emosional meliputi (1) adanya pengakuan, (2) kelekatan emosi, (3) integrasi sosial, dan (4) kesempatan untuk mengasuh. Kesejahteraan psikologis adalah penilaian seseorang terhadap keadaan diri yang meliputi enam komponen yaitu (1) penerimaan diri, (2) hubungan positif dengan orang lain, (3) otonomi, (4) penguasaan lingkungan, (5) tujuan hidup, dan (6) pengembangan pribadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dan kesejahteraan psikologis siswa-siswi kelas X dan XI SMA Stella Maris Teluk Gong. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas X dan XI SMA Stella Maris yang berjumlah 75 orang. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan skala penilaian yang digunakan untuk mengukur dukungan sosial orangtua dan kesejahteraan psikologis. Instrumen dukungan sosial orangtua terdiri atas 38 pernyataan. Setelah diujicoba, terdapat 36 pernyataan valid dan reliabilitas instrumen sebesar 0,933. Instrumen kesejahteraan psikologis terdiri atas 68 pernyataan. Setelah diujicoba, terdapat 55 pernyataan dinyatakan valid dengan reliabilitas instrument sebesar 0,945. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dan kesejahteraan psikologis siswa-siswi SMA Stella Maris Teluk Gong dengan koefisien korelasi sebesar 0,554. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial orangtua terhadap siswa, maka semakin tinggi kesejahteraan psikologisnya. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orangtua terhadap siswa, semakin rendah kesejahteraan psikologisnya. Saran peneliti bagi guru Bimbingan dan Konseling sekolah agar dapat bekerja sama dengan orangtua untuk semakin meningkatkan dukungan social khususnya dukungan emosional agar kesejahteraan psikologis siswa semakin meningkat pula. Kegiatan-kegiatan seperti konseling dan pengembangan diri dapat menjadi wadah untuk semakin meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. Bagi orangtua siswa-siswi SMA Stella Maris Teluk Gong disarankan agar terus meningkatkan dukungan sosial kepada anak. Pertemuan rutin guru BK dan orangtua dapat meningkatkan perhatian orangtua kepada siswa. Konseling keluarga juga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dukungan sosial orangtua dan kesejahteraan psikologis anak. Bagi siswa-siswi SMA Stella Maris Teluk Gong disarankan untuk meningkatkan hubungan emosional yang baik dengan orangtua dengan cara menjalin komunikasi yang lebih dekat dengan orangtua. Konseling individual dan konseling kelompok merupakan salah satu cara yang dilakukan siswa untuk meningkatkan hubungan emosional dengan orangtua. |