Anda belum login :: 22 Nov 2024 18:53 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Persepsi Terhadap Tiga Tipe Pola Asuh Orangtua Dan Penerimaan Diri Siswa SMK Strada III Jakarta Utara
Bibliografi
Author:
AGUSTINA, LINA
;
Trihastuti, Maria Claudia Wahyu
(Advisor)
Topik:
Persepsi Terhadap Tiga Tipe Pola Asuh Orangtua
;
Penerimaan Diri
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2014
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2010034030-Lina Agustina.pdf
(2.74MB;
76 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-505
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Persepsi Pola asuh ialah pandangan atau penilaian seseorang terkait dengan pola perilaku yang dilakukan orangtua dari waktu ke waktu yang di dalamnya terdapat unsur memelihara, melindungi, dan membimbing selama masa perkembangan. Pola asuh asuh yang diterapkan orangtua memiliki tiga tipe yaitu pola asuh autoritatif, pola asuh authoritarian, dan pola asuh permisif.Penerimaan diri ialah penilaian individu mengenai pemahaman dan penerimaan kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan yang ada dalam dirinya, serta keinginan untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap pola asuh autoritatif, authoritarian, dan permisif dengan penerimaan diri siswa/i SMK Strada III. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala penilaian yang digunakan untuk mengukur variabel persepsi terhadap pola asuh orangtua dan variabel penerimaan diri. Total pernyataan persepsi terhadap tiga tipe pola asuh sebanyak 72 pernyataan yang terdiri dari 24 pernyataan pola asuh Autoritatif, 24 pernyataan pola asuh Atoritarian, 24 pernyataan pola asuh permisif. Setelah di ujicoba instrumen persepsi pola asuh autoritatif menjadi 17 pernyataan dinyatakan valid dengan reliabilitas 0.799. Persepsi pola asuh autoritarian 15 item pernyataan dinyatakan valid dengan reliabiltas 0.808. Persepsi pola asuh permisif menjadi 17 pernyataan valid dengan reliabilitas 0.834. Berikutnya penerimaan diri memiliki total instrument 90 pernyataan setelah di ujicoba menjadi 64 pernyataan valid dengan reliabilitas 0.940. Hasil analisis korelasi persepsi pola asuh autoritatif dengan penerimaan diri menunjukkan r = 0.355. ada hubungan yang signifikan antara persepsi pola asuh autoritatif dengan penerimaan diri. Selanjutnya variabel persepsi terhadap pola asuh autoritarian dengan penerimaan diri menunjukkan r = -0.386 ada hubungan yang signifikan antara persepsi pola asuh autoritarian dengan penerimaan diri. Berikutnya dari hasil persepsi terhadap pola asuh permisif dengan pernerimaan diri menunjukan r = -0.209 dan yang artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap pola asuh permisif dengan penerimaan diri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi guru BK di sekolah, Kaprodi BK FKIP, dan mahasiswa/i untuk memperkaya wawasan tentang hubungan persepsi tiga tipe pola asuh orangtua dan penerimaan diri. Peneliti mengaharapkan dengan adanya penelitian ini guru Bimbingan Konseling di sekolah dapat memberikan informasi kepada orang tua melalui kegiatan seminar atau talk show dengan tema bagaimana menerapkan pola asuh yang ideal sehingga berdampak positif terhadap remaja dalam proses penerimaan diri.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)