Mahasiswa dipandang sebagai agen aktif dalam mencari dan memproses informasi. Cara mahasiswa mengelola dan mengatur aktivitas belajar secara aktif, mandiri, dan bertanggung jawab dipandang sebagai aspek penting yang ikut menentukan prestasi belajar. Selain regulasi diri dalam belajar, faktor efikasi diri atau keyakinan diri dipandang penting untuk mendukung mahasiswa dalam meraih prestasi yang maksimal. Prestasi belajar adalah hasil proses belajar yang telah dilakukan individu dalam kurun waktu tertentu yang dilihat berdasarkan Indek Prestasi Komulatif (IPK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan efikasi diri dengan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2009 program studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian sebanyak 31 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala penilaian untuk mengukur variabel regulasi diri dalam belajar dan efikasi diri, sedangkan prestasi belajar mahasiswa dilihat berdasarkan pada nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) mahasiswa. |