Alasan dilakukannya penelitian Audit Manajemen atas Fungsi Pelayanan Umum terhadap Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Gandaria adalah untuk menilai apakah fungsi Pelayanan Umum Rumah Sakit Gandaria sudah berjalan dengan efektif dan efisien. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan Internal Control Questionnaire, wawancara, pengamatan yang secara langsung dilakukan penulis dan juga penelaahan dokumen. Untuk menilai kualitas layanan digunakan lima variabel standar pelayanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible aspect. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa fungsi Pelayanan Umum Rumah Sakit Gandaria dinilai baik dari dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Cukup baik pada dimensi Tangible Aspect. Selain itu jumlah keluhan- keluhan yang terjadi menurun setiap bulannya dan tidak melebih batas toleransi keluhan pasien Rumah Sakit Gandaria yaitu sebesar 5%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pelayanan umum pada Rumah Sakit Gandaria sudah berjalan dengan efektif dan efisien. Walaupun masih ada kelemahan-kelemahan yang terjadi dan penulis mengajukan rekomendasi untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. |