Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh identifikasi organisasional (IO), komitmen terhadap organisasi (KO), dan pemasaran internal (PI) terhadap Customer Orientation of Service Employee (COSE). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh pemasaran internal terhadap identifikasi organisasi dan komitmen terhadap organisasi. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang disebarkan secara elektronik melalui mailing-list internal all staff kepada seluruh karyawan tetap. Kuesioner juga disebarkan bentuk cetaknya kepada para karyawan yang belum mengisi dengan cara mendatangi setiap unit ataupun menitipkan di sekretariat fakultas. Total kuesioner terkumpul dan terisi lengkap adalah 152 kuesioner. Setelah diuji validitas, reliabilitas, dan melewati uji asumsi klasik, hanya dua kuesioner yang terpaksa digugurkan. Dalam penelitian ini terdapat enam (6) hipotesis yang diuji. Dari keenamnya hanya dua hipotesis yang diterima, yakni pemasaran internal berpengaruh terhadap COSE dan secara bersama-sama, identifikasi organisasional, komitmen terhadap organisasi, dan pemasaran internal berpengaruh terhadap Customer Orientation of Service Employee (COSE). |