Tujuan penelitian ini adalah memberikan penjelasan mengenai penerapan strategi komunikasi pemasaran produk baru yaitu Macaron "Kuekue Jakarta", apakah strategi komunikasi pemasaran tersebut efektif sebagai kegiatan promosi dalam memasarkan produk Macaron, juga untuk mengetahui hambatan dan masalah yang dihadapi serta bagaimana cara "Kuekue Jakarta" mengatasi hambatan dan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan landasan teori utama model komunikasi pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap perusahaan, terhadap target audience yang pernah membeli Macaron di gerai "Kuekue Jakarta" ataupun yang tidak pemah membeli, observasi partisipatif sebagai pembeli dan pengunjung dalam acara "April Pop Park", dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi komunikasi pemasaran "Kuekue Jakarta" dalam memasarkan Macaron dengan membaurkan beberapa elemen bauran komunikasi pemasaran terintegrasi dengan satu big idea yang menonjolkan edukasi pada setiap elemennya. Bauran komunikasi pemasaran terintegrasi yang digunakan meliputi sales promotion, publicity dan public relation, integrative / internet marketing, dan Event. Strategi komunikasi pemasaran yang dibuat oieh "Kuekue Jakarta" sangat efektif sebagai kegiatan promosi dalam memasarkan produk Macaron Hambatan dan masalah yang dihadapi "Kuekue Jakarta" dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran adalah kurang menariknya dan kurang iengkapnya mfotmasi yang disampaikan serta keterbatasan sumber daya mamisia dan dana. Cara mengatasi hambatan dan masalah tersebut ialah dengan berusaha sebaik mungkin untuk memberikan penjelasan kepada target audience, dan tidak menyerah menghadapi hambatan yang ada. |