Anda belum login :: 27 Nov 2024 00:55 WIB
Detail
BukuDelta Lamp Automotive Lighting
Bibliografi
Author: Nugroho, A.Y. Agung (Advisor); WELDEMANG, BONARDO TULUS
Topik: Kewirausahaan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Bonardo Tulus Weldemang's Undergraduate Theses.pdf (2.24MB; 11 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1834
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Suatu ketika penulis melihat di media otomotif luar negeri terdapat artikel yang membahas tentang lampu mobil yaitu lampu HID (High Intensity Discharge). Lampu HID tersebut merupakan inovasi terbaru di era modern lampu yang menjanjikan memberikan cahaya yang terang dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Lampu HID sangat membantu penglihatan pengendara pada saat berkendara dimalam hari. Jalan akan terlihat sangat jelas tanpa harus mengira-ngira dan menerka-nerka situasi jalan. Ternyata dibalik fungsinya yang bagus lampu tersebut mempunyai fungsi lain juga, sebagai fashion otomotif karena warna lampu HID yang berwarna putih terlihat bersih dan terkesan modern. Oleh karena permintaan dan peminat lampu HID semakin banyak, maka penulis melihat adanya peluang bisnis dan tertarik untuk menjalankannya. Perusahaan yang penulis jalankan adalah Delta dengan tag line “We Provide Safety, Quality, and Fashion” yang artinya adalah kami menjual produk untuk mendukung kenyamaman dan keamanan, namun bisa juga sebagai fashion atau menambah keren kendaraan. Visi perusahaan kami adalah menjadikan Delta sebagai penjual online lampu HID, Projector HID, serta produk lighting lainnya untuk mobil dan motor dengan berkualitas, terpercaya, dan mempunyai harga yang bersaing. Dengan misi, menyediakan lampu HID dan Projector HID yang berkualitas tinggi dengan garansi terjamin 1 tahun, menjual produk melalui media sosial maupun melalui situs jual beli online, menjaga mutu barang sampai ditangan konsumen dengan baik dan service yang baik dan cepat agar mempertahankan reputasi kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Perusahaan kami akan melakukan segmentasi pasar dilihat berdasarkan demografis dan psikografis. Variabel-variabel demografis seperti, usia, penghasilan, generasi, dan kelas social, segmentasi psikografis dengan variabel sebatas membeli, modifikator, dan komunitas. Melalui segmentasi tersebut dapat diketahui bahwa target pasar perusahaan kami adalah konsumen orang yang suka dalam dunia otomotif dan komunitas dengan rentang usia 17-50tahun. Serta pengguna kendaraan motor dan mobil yang membutuhkan sesuatu yang nyaman dan aman ketika berkendara dimalam hari. Dari segi positioning perusahaan menggunakan cara untuk menempatkan produk agar tertanam dalam benak pelanggan. Dengan menyediakan lampu HID dan Projector HID yang berkualitas tinggi dan harga bersaing dengan garansi terjamin 1 tahun. Berkomitmen dengan pelayanan yang baik dan inovatif sehingga para konsumen merasa nyaman dalam bertanya tentang produk kami. Kami juga menyediakan jasa retrofit, yang merupakan produk jasa custom lampu yang kami tawarkan. Biasanya kami akan buat jika ada request dari konsumen. Karena perusahaan kami menjual secara online maka media yang kami gunakan adalah internet. Kami membuat pemasaran di media sosial maupun forum seperti kaskus, twitter, instagram, berniaga dll. Serta memberikan sticker logo perusahaan, bagi setiap pembeli akan mendapatkan sticker. Perusahaan melakukan pembelian barang sebagai stock dengan cara membeli barang langsung dari Guangzhou, China. Setiap barang di foto secara detail dan di upload ke situs yang menjadi media pemasaran perusahaan. Setelah iklan diliat oleh konsumen, ada kemungkinan dan ketertarikan untuk membeli. Namun, jika ingin bertanya-tanya dahulu diperbolehkan dan akan dilayani. Jika ada yang ingin menjadi reseller konsumen diharuskan menghubungi owner agar mengetahui kesepakatan dan aturan jika menjadi reseller. Namun untuk pembeli individu setelah melakukan order, maka diharuskan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sesuai dengan biaya yang nanti diberi tahu termasuk biaya pengiriman yang juga harus di tanggung konsumen. Setelah pembayaran selsai maka barang akan di packing menggunakan bubble warp agar aman saat dikirim. Setelah itu barang diantar ke JNE untuk dikirim ke alamat yang diberikan oleh konsumen dan akan diberikan no resi sebagai alat bukti bahwa barang sudah dikirim dan bisa di cek di website JNE. Setelah barang sudah sampai ditangan konsumen diharapkan ada feedback yang diberikan kepada perusahaan dengan memberikan kabar bahwa barang sudah sampai, atau dapat memberikan testimoni yang merupakan kepuasan yang dirasakan oleh konsumen atas pelayanan maupun barang yang dibeli. Karyawan yang dibutuhkan dan direkrut perusahaan adalah 1 orang sebagai teknisi/packing, 1 orang operasional dan owner juga mempunyai peran sebagai pemasaran maupun kontrol perusahaan. Untuk inovasi yang akan dilakukan adalah dengan membuat website resmi pribadi sebagai tempat untuk menyebarkan pemasaran. Mengembangkan metode pembayaran bagi konsumen agar lebih dipermudah dengan layanan e - commerce. Untuk jangka panjang kedepannya tidak menutup kemungkinan perusahaan untuk mengembangkan perusahaan lighting yang lebih luas. Perusahaan akan menyediakan penjualan dan menyewakan produk lighting untuk lampu konser, lampu panggung, lampu stadion dan penerangan jalan. Perusahaan kami menyusun strategi keuangan untuk mengetahui perkembangan perusahaan kami apakah mendapatkan keuntungan atau sebaliknya. Jika setiap bulannya perusahaan harus mengeluarkan biaya operasional sebesar setiap Rp 27.937.000. Dengan pendapatan tetap perusahaan sebesar Rp 125.200.000, dan operating profit margin perbulan yaitu sebesar 28,04% maka perusahaan akan mendapatkan payback period selama 2 bulan, 2 minggu. Perusahaan selalu berusaha untuk memberikan produk yang sesuai dengan perkembangan otomotif kedepannya. Dengan adanya inovasi yang akan dikembangkan, diharapkan bisnis ini dapat semakin besar dan dapat menghadapi persaingan. Untuk mengembangkan bisnis lampu yang lebih luas lagi. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang lighting, akan mengembangkan usahanya sebagai penjual dan penyedia jasa penyewaan lampu konser, instalasi lampu gedung, dekorasi interior, jalan dan stadion. Diharapkan perusahaan ini akan selalu memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas. Menjadi perusahaan yang bergerak di bidang lighting secara professional dan dikenal oleh masyarakat luas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)