Di dalam era perkembangan teknologi khususnya di dalam pengembangan pada motor pembakaran dalam, karakteristik motor pembakaran dalam menjadi acuan utama pada penelitian yang dilakukan antara lain, untuk mendapatkan kinerja yang tinggi namun di dalam penggunaan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, salah satu cara adalah memanfaatkan aliran udara yang masuk kedalam ruang pengkabutan dengan pemasangan turbo cyclone pada saluran udara masuk sebelum karburator. Penggunaan turbo cyclone telah banyak dilakukan pada jenis mobil maupun motor dengan ruang pembakaran yang lebih besar maupun multi silinder. Tugas akhir ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk dapat mengetahui pengaruh penambahan turbo cyclone pada motor Otto empat langkah satu silinder. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian eksperimental, dimana cara penyelesaian penelitian dengan cara membandingkan hasil dari nilai daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar spesifik sebelum dan sesudah pemasangan turbo cyclone. Kenaikan torsi maksimum sebesar 17,61%, sedangkan kenaikan daya maksimum sebesar 12,36%, dan penurunan konsumsi bahan bakar spesifik sebesar 40,40% dibandingkan dengan kondisi tanpa menggunakan turbo cyclone. |