Potensi pasar bisnis yang besar di industri Food & Beverage membuat persaingan semakin meningkat, dengan semakin banyak pemain dan merek baru. Di Indonesia, produk kecap merupakan salah satu produk yang banyak dibutuhkan dalam industri makanan karena merupakan bahan dasar dari berbagai ragam kuliner Indonesia. Kecap Sedaap yang diproduksi oleh Wings Food merupakan salah satu merek kecap pendatang baru yang muncul pada tahun 2008. Kecap Sedaap menggunakan strategi yang disebut Brand Extension dengan turut menggunakan merek "Sedaap" untuk produk kecap bersama dengan produk mi instan. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 110 Ibu Rumah Tangga sebagai responden di wilayah Jakarta pada tanggal 17 Oktober 2013 sampai - 27 November 2013, serta melakukan wawancara kepada beberapa responden. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik judgmental sampling. Dalam menganalisis data, digunakan uji reliabilitas, validitas, mean score, overall mean score, & uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan terjadi pengaruh antara perceived similarity, brand reputation, perceived risk, dan consumer innovativeness terhadap brand extension Kecap Sedaap. Secara parsial terdapat pengaruh perceived similarity dan brand reputation terhadap brand extension. |