Di Indonesia sendiri, sudah banyak franchise asing yang masuk ke Indonesia, salah satunya adalah Kyochon. Kyochon merupakan merek asing yang menjual ayam goreng khas Korea. Maraknya franchise yang masuk ke Indonesia membuat perusahaan berlomba – lomba untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain. Strategi adaptasi sangat penting untuk diperhatikan karena beberapa aspek di setiap negara berbeda, seperti selera, budaya, tren, keadaan ekonomi, dan lain – lain. Maka itu, tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang dilihat dari segmentation, targeting dan positioning, dan bauran pemasaran 7P yang dilakukan oleh Kyochon (PT. Wahana Artha Group) di Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana wawancara merupakan cara untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan penelitian. Yang diwawancara adalah seorang bagian dari Marketing and Promotion Kyochon Indonesia, dan beberapa pelanggan Kyochon di salah satu cabang gerainya. Hasil yang didapat adalah maraknya tren budaya Korea di Indonesia menjadi suatu keuntungan dan peluang bagi Kyochon Indonesia. Selain itu, gaya hidup masyarakat Indonesia yang gemar hangout juga dijadikan peluang oleh Kyochon dengan menargetkan konsumennya yaitu anak muda dengan kisaran umur 17-35 tahun, menghadirkan gerai yang nyaman serta produk – produk seperti contoh snack atau bir. Dalam penelitian ini, Kyochon telah melakukan strategi pemasaran yang ditinjau dalam hal bauran pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Strategi tersebut dilakukan agar Kyochon dapat diterima baik oleh masyarakat Indonesia. |