Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:30 WIB
Detail
BukuAnalisa Strategi dan Peranan Buzzer Dalam Membentuk Opini Masyarakat Twitter (Contoh Kasus Buzzer Pada Kampanye Fresh Food Restoran Solaria)
Bibliografi
Author: PUTRIWINA, PRISHILLA ; Putro, Benedictus Avianto Nugroho (Advisor)
Topik: Buzzer; Celebrity Endorsement; Social Media; Teori Seven Cs; Teori VisCAP
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Penyerta: Dilihat selain menggunakan Website Unika Atma Jaya
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010-022-050 Prishilla P's Undergraduate Theses.pdf (3.12MB; 58 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAK-023
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dewasa ini media sosial banyak digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi dengan menjangkau khalayak yang lebih luas. Banyaknya marketing benefits yang diperoleh melalui penggunaan media sosial membuat banyak PR & Marketing perusahaan menjalankan strategi komunikasi melalui media tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami strategi pemilihan buzzer untuk melakukan kampanye pada media sosial Twitter serta melihat strategi dan peranan buzzer yang telah dipilih dalam membentuk opini masyarakat Twitter yang berdampak pada citra perusahaan. Restoran Solaria belakangan ini mendapatkan kasus isu tentang makanan yang diproduksi. Restoran Solaria melakukan kampanye Fresh Food menggunakan buzzer, salah satunya akun @fanabis, untuk menyebarluaskan informasi tentang makanan yang diproduksi di Solaria. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dengan buzzer dan followers, dan observasi terhadap akun Twitter buzzer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemilihan buzzer untuk kampanye Fresh Food Solaria dilakukan berdasarkan teori VisCAP, yakni dengan melihat kredibilitas, visibilitas, daya tarik, serta kekuatan yang dimiliki buzzer. Dari hasil pengamatan dan wawancara, akun @fanabis dinilai memiliki semua komponen dalam teori ini sehingga dipilih untuk melakukan kampanye Fresh Food Solaria. Peranan buzzer dinilai efektif dalam menyebarkan informasi namun tidak terlalu efektif untuk mengubah persepsi masyarakat dan menciptakan opini baru.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)