Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:48 WIB
Detail
BukuEvaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Customer Relationship Management (CRM) (Studi Kasus PT. Manunggal Wisata)
Bibliografi
Author: TJAHJADI, GRACIA ; Widiasari, Natalia (Advisor)
Topik: CRM; Database; IMC; Evaluasi; Strategi Komunikasi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Penyerta: Dilihat selain dengan website Unika Atma Jaya
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010-022-006 Gracia Tjahjadi's Undergraduate Theses.pdf (3.34MB; 49 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAK-019
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah semakin berkembangnya industri pariwisata, terutama peran distributor, salah satunya adalah agen perjalanan wisata. Persaingan semakin ketat, ribuan agen perjalanan wisata mulai bermunculan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi strategi komunikasi pemasaran melalui CRM dari Manta Tour, dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan di tengah persaingan. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pemasaran holistik sebagai landasan teori utama yang terarah kepada CRM dan IMC. Teknik yang digunakan adalah melalui wawancara dengan narasumber utama dan narasumber kedua melalui purposive sampling. Hasil wawancara dibandingkan dengan pengamatan (full observer) yang dilakukan peneliti di kantor Manta Tour selama tiga hari. Untuk proses analisis dilakukan triangulasi untuk membandingkan hasil wawancara, dengan hasil pengamatan dan dokumen terkait, guna memperoleh kesesuaian serta objektifitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diciptakan oleh Manta Tour lebih kepada pendekatan dan komunikasi personal dengan pelanggan. Respon yang cepat dan tepat, menjadi perhatian utama dari pelanggan Manta Tour. Dengan demikian, media promosi dan interaksi yang sampai saat ini dirasakan Manta Tour paling efektif dan sesuai dengan pelanggan mereka adalah dengan email, telepon, sponsor, facebook, website dan word of mouth (WOM). Manta Tour memiliki database seputar pelanggan, namun pemanfaatan IT belum makimal. Kesimpulan penelitian ini terkait evaluasi, menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang telah dijalankan selama ini sudah cukup efektif untuk pelanggan lama Manta Tour, tetapi belum cukup efektif untuk menambah pelanggan baru lebih banyak. Hal tersebut menyebabkan kondisi Manta Tour saat ini cenderung stagnant, baik dalam upaya promosi maupun pemasukkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)