Anda belum login :: 26 Nov 2024 09:52 WIB
Detail
BukuAnalisis Atas Framing Dalam Pembentukan Opini Pemilih Pemula (Analisis Berita Indonesia Memilih Metro TV dan Kabar Pemilu TV One Mengenai Pemilu 2014 Periode 6-19 November 2013)
Bibliografi
Author: Kartikawangi, Dorien (Advisor); ARTHELLYES
Topik: Framing; Pembentukan Opini; Pemilih Pemula; Metro TV; TV One
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Penyerta: Dilihat selain dengan website Unika Atma Jaya
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Arthellyes's Undergraduate Theses.pdf (5.12MB; 65 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAK-017
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana sebuah media memiliki prioritas yang dapat berpengaruh pada isi pemberitaan yang disampaikan kepada khalayak. Metro TV dan TV One adalah media yang kedua pemiliknya tergabung dalam partai politik yang menyebabkan adanya framing yang dilakukan keduanya. Hal ini secara langsung berpengaruh pada Pemilih Pemula yang akan ikut serta pada pemilu 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis framing berita siang yang dilakukan oleh Metro TV dan TV One terhadap pemilu 2014 dan bagaimana analisis tersebut terhadap respon publik, dalam hal ini pemilih pemula. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, peran dan fungsi media massa, agenda setting, framing, dan opini publik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan konstruksionis. Teknik pengambilan data dengan dokumentasi berupa rekaman suara dan FGD dari para narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metro TV berpihak pada kepentingan pemilik media namun tetap obyektif pada pemberitaan, TV One sangat berpihak pada kepentingan pemilik media dan melupakan prinsipnya sebagai tv berita. Pemilih pemula mengatakan pemberitaan yang dilakukan oleh Metro TV dan TV One tidak mempengaruhi pilihan mereka pada pemilu 2014.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.375 second(s)