Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran dalam bentuk kelompok dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu penyampaian tujuan dan motivasi, pembagian kelompok, presentasi dari guru, kegiatan belajar dalam tim, kuis (evaluasi), dan penghargaan prestasi tim. Salah satu kelebihan model pembelajaran kooperatif adalah memudahkan siswa melakukan penyesuaian sosial, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif memungkinkan siswa untuk meningkatkan penyesuaian sosial. Penyesuaian sosial adalah keberhasilan seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap orang lain pada umumnya dan terhadap kelompoknya pada khususnya. Dengan kriteria, yaitu penampilan nyata, penyesuaian diri terhadap berbagai kelompok, sikap sosial, dan kepuasan pribadi. IPS adalah bidang studi yang mempelajari dan mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Jenis penelitian yang dilakukuan adalah PTK dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan langkah STAD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan penyesuaian sosial pada mata pelajaran IPS. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VC Sekolah Dasar Strada Budi Luhur 1 Bekasi berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan, peneliti, teman sejawat sebagai observer dan dokumentasi, serta guru kelas sebagai observer. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada siklus pertama dan siklus kedua pertemuan satu alokasi waktu 2x40 menit tetapi pada siklus kedua pertemuan dua alokasi waktu 1x40 menit. Setiap siklus diterapkan dengan enam langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil belajar siswa pada siklus pertama memiliki rata-rata, yaitu LKS 82,6 dan lembar evaluasi 81, pada siklus kedua pertemuan satu memiliki rata-rata LKS 76,7 dan lembar evaluasi 66, pada siklus kedua pertemuan kedua memiliki rata-rata presentasi kelompok 85,2 dan lembar evaluasi 89,7. Penyesuaian Sosial siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata dari 3,88 menjadi 4,10. Setiap komponen mengalami peningkatan pada komponen penampilan nyata mengalami kenaikan 0,09, penyesuaian diri mengalami kenaikan 0,22, sikap sosial mengalami kenaikan 0,13, dan kepuasan pribadi mengalami kenaikan 0,44. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan penyesuaian sosial siswa. Dengan demikian disarankan bagi guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Agar meningkatkan kerja sama antar siswa dalam berkelompok, mengembangkan sikap perduli terhadap teman, dan dapat membantu mengaktifkan. |