Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:37 WIB
Detail
BukuUpaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Anak Melalui Teknik Bercerita Pada Siswa Kelas II A SDN Kembangan Selatan 03 Pagi Jakarta Barat
Bibliografi
Author: NATALIA, ROSI ; Pramudita, Wahyu (Advisor)
Topik: Kemampuan Menyimak; Teknik Bercerita; Siswa Kelas II SD Pelajaran Bahasa Indonesia
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010-035-035 Rosi Natalia's Undergraduate Theses.pdf (6.44MB; 10 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-254
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Menyimak adalah proses mendengarkan bunyi bahasa dengan penuh perhatian disertai pemahaman, apresiasi, interpretasi untuk memperoleh informasi, pesan dan menangkap isi serta mereaksi makna komunikasi yang terkandung di dalamnya. Menyimak memiliki peran besar karena kegiatan menyimak bertujuan untuk memahami komunikasi. Menyimak cerita anak merupakan salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa menyimak. Penerapan dan penggunaan teknik bercerita dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Teknik bercerita merupakan suatu cara untuk menyampaikan peristiwa/kejadian secara lisan kepada pendengar atau pembaca yang bertujuan untuk memberikan arahan yang menarik, mudah dicerna, serta membekas pada yang mendengarkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak melalui teknik bercerita pada pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas II A SDN Kembangan Selatan 03 pagi Jakarta Barat. Subjek penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dibantu guru kelas pararel dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer, siswa kelas II A yang berjumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, hasil dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: 1. Pembelajaran menggunakan teknik bercerita sangat membantu dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak. Hal ini dapat dilihat bahwa siswa tertarik dalam pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan teknik bercerita dengan media gambar. 2.Kemampuan menyimak cerita anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IIA SDN Kembangan Selatan 03 Pagi mengalami peningkatan. Hal ini terbukti nilai rata-rata siklus 1 yaitu sebesar 85 meningkat menjadi sebesar 90 pada siklus ke dua. 3. Dengan menggunakan teknik bercerita pada pembelajaran menyimak cerita anak hasil yang diperoleh sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru hendaknya untuk lebih meningkatkan kemampuan mengajarnya melalui penggunaan teknik bercerita sebab melalui teknik bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)